PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA SISWA KELAS IV SD

  • IRANIA SUCI ROCKYANE
  • WAHYU SUKARTININGSIH

Abstract

Abstrak

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah memaparkan proses pengembangan media pembelajaran interaktif dan hasil produk media pembelajaran interaktif yang berkualitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD dengan 10 langkah dari Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket, observasi, dan tes. Hasil validasi media pembelajaran interaktif yaitu 99,5% dan 88,3% kategori sangat valid. Kepraktisan media sangat baik dengan persentase keterlaksanaan 100% dan nilai ketercapaian 94. Efektivitas t hitung lebih besar dari t tabel yaitu, 4,6>2,262 pada uji lapangan pertama dan 11,98>2,045 pada uji lapangan produk final. Tanggapan yang diberikan siswa adalah sangat baik dengan persentase sebesar 95,44% pada uji lapangan pertama dan uji lapangan produk final.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, adobe flash, menulis cerita fiksi

Abstract

The aim of this research is to explain the developing process of interactive learning media and the result of interactive learning media in a good quality. The type of the resarch is Research and Development (RnD) which adapt Borg and Gall in 10 method. The researcher used validation, questionnaires, observation, and tets as the data collection technique. In validation result of interavtive learning media reached 99,5% and 88,3% with the very good criteria. The effectivity of media shows a good result for the employment in 100% and 94 of the learning achievement. The effectiveness of the product t count was bigger than t table 4,6>2,2262 from the main field testing and 11,98>2,045 from the operational field testing. In addition, The student has a good impact which the precentage reached 95,44% from the main field testing and operational field testing.


Keyword: interactive learning media, adobe flash, write a story

Published
2018-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 38