PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN WARUGUNUNG 1 SURABAYA

  • EVI ERYANA HAPSARI
  • MULYANI

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan berlangsung satu arah dan belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif, sehingga berdampak pada hasil belajar IPS siswa kelas IV yang masih rendah. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I persentase aktivitas guru yaitu 78,1% dan meningkat menjadi 86,76% pada siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 77,29% meningkat menjadi 84,55% pada siklus II. Hasil belajar IPS siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 73% menjadi 89,47%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar IPS siswa serta kendala-kendala selama proses pembelajaran dapat teratasi.

Kata Kunci: Make A Match, Hasil belajar IPS.

Abstract

Based on the observation results, it indicates that the learning done in one direction and not apply innovative learning model, so that impact on students’ result of social studies in grade IV still low. The purpose of the study to be achieved is to describe the implementation of learning by applying make a match as the learning model. This study uses collaborative classroom action research methods that are implemented in 2 cycles. The results of this study indicate an increase. In cycle I the percentage of teacher activity is 78.1% and it increased to 86.76% in cycle II. Percentage of student activity in cycle I that is 77,29% increased to 84,55% in cycle II. The students social studies learning result also increased from 73% to 89.47%. From the study results it can be concluded that there is an increase in the implementation of learning, students’ learning results on social studies and constraints during the learning process can be resolved.

Keywords: Make a match, Social studies learning result.
Published
2018-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 50