MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

  • FITRIANI USWATUN CHASANAH
  • SIRADJUDDIN S

Abstract

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS di MI Darussalam Surabaya.Berdasarkan hasil pengamatan, guru masih kurang memberikan inovasi dalam pembelajaran, guru tidak pernah menggunakan metode picture and picture sebelumnya, siswa hanya menghafalkan materi dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Darussalam Surabaya dengan jumlah keseluruhan 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data aktivitas guru, data aktivitas siswa, dan data hasil belajar kognitif siswa.Hasil penelitian menunjukkan keaktifan guru mengalami peningkatan dengan presentase siklus I mencapai 76,25%, siklus II meningkat 86,25%, dan pada siklus III meningkat mencapai 92,5%. Keaktifan siswa mengalami peningkatan dengan presentase siklus I mencapai 77.5%, pada siklus II meningkat 85%, dan pada siklus III meningkat mencapai 92,5%. Sedangkan data hasil belajar kognitif klasikal selama proses pembelajaran dari temuan awal hanya 59% mengalami peningkatan pada siklus I 75%, dan siklus II meningkat 84,37%, pada siklus III meningkat mencapai 93,75%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut,dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran picture and picturepada mata pelajaran IPS mampu meningkatkan keaktifan guru, keaktifan siswa, dan hasil belajar klasikal siswa kelas IV MI Darussalam Surabaya.

Kata Kunci : IPS, Metode picture and picture, Hasil Belajar

Abstract

The background of this sudy is from the low of fourth grade students’ outcomes of social studies in MI Darussalam Surabaya. From the observation result, it could be seen that the teacher was still less in creating innovation for their learning process, the teacher never used picture and picture learning method before, the students were only asked to memorize the learning material and they were passive in the learning process. This study aims to improve students’ outcomes of Social Studies subject. This study used classroom action research method which consisted of 3 cycles and each cycle was done in 1 meeting. The subject of the study was IV grade students of MI Darussalam Surabaya consisting 32 students. The data collection techniques used were observation and test. The kinds of the data collected in this study were the data of teacher’s activity, the data of students’ activity, and the data of students’ cognitive learning outcome.The result of this study showed that teacher’s participation increased with the percentage of cycle I 76,25%,cycle II 86,25%,andcycle III 92,5%. Students’ participation increased with the percentage of cycle I 77.5%, cycle II 85%, and cycle III 92,5%.While classical cognitive learning outcome during the learning process which the percentage of the first meeting only 59%increased in the cycle I 68,9%, cycle II 75%, and cycle III 93,75%. Therefore, it can be concluded that the use of picture and picture as a learning method in Social Studies subject can improve teacher’s participation, students’ participation, and students’ classical outcome of IV grade students of MI Darussalam Surabaya.

keywords :Social Studies, picture and picture method , Learning outcomes.

Published
2018-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 11