PENERAPAN METODE SCRAMBLE PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SDN LIDAH WETAN 4 SURABAYA

  • KERIL AISKA
  • SUPRIYONO

Abstract

Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar siswa yang masih rendah atau di bawah KKM pada tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Subtema 2 “Keunikan Daerah Tempat Tinggalku khususnya pada muatan IPS pada kelas IV SDN Lidah Wetan 4 Surabaya. Tujuan dari penelitian yang menerapkan metode pembelajaran scramble yaitu peneliti ingin mendeskripsikan penerapan metode scramble, meningkatkan hasil belajar siswa, dan mengetahui kendala-kendala yang terjadi dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Persentase keterlaksanaan penerapan metode scramble mengalami peningkatan yakni pada siklus I 84% dan pada siklus II 100%. Nilai ketercapaian guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan yaitu siklus I 78 dan pada siklus II menjadi 95,5. Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus I 62,9% dan pada siklus II 88,9%. Kendala-kendala yang terjadi pada siklus I yaitu guru meninggalkan kelas untuk menemui tamu dan suara gaduh dari kelas lain (kelas III). Kendala tersebut dapat diatasi pada siklus II dengan baik sehingga tidak ada kendala lagi yang muncul. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran scramble mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lidah Wetan 4 Surabaya.

Kata Kunci: metode scramble, hasil belajar

Abstract

The background of this research is the students learning outcomes are still low or under completeness minimum criteria on the theme 8 "Regional Places Where We Live" Subtheme 2 "The uniqueness of the area of my place of residency, especially on the subject social studies in the 4th grade student state elementary school of Lidah Wetan 4 Surabaya. The purpose of the research applying scramble learning method that researchers want to describe the application of scramble method, improve student learning outcomes, and know the constraints that occur and how to overcome them. This research uses Classroom Action Research using qualitative and quantitative data analysis techniques. Percentage of implementation implementation of scramble method has increased that is in cycle I 84% and in cycle II 100%. The value of teacher achievement in learning has increased that is cycle I 78 and in cycle II become 95,5. Student learning outcomes also increased in cycle I 62.9% and in cycle II 88.9%. Constraints that occur in the first cycle is the teacher left the class to meet guests and noise from other class (class III). The constraints can be overcome in cycle II well so that no more constraints arise. From these results, it can be concluded that the application of scramble learning method can improve student learning outcomes fourth grade student state elementary school of Lidah Wetan 4 Surabaya.


Keywords: scramble method, learning outcomes

Published
2018-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 33