Efektivitas Penggunaan Kartu Pintar Jawa (KAPIJA) dalam Penerapan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV SDN Babatan 1 Surabaya

  • RIA NOVITA SARI
  • HERU SUBRATA

Abstract

Abstrak

Pada proses pembelajaran menulis aksara jawa, memerlukan adanya media sebagai jembatan siswa dalam memahami materi agar mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru kelas IV dan 40 siswa kelas IV SDN Babatan 1 Surabaya. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran menulis aksara jawa dengan menggunakan media KAPIJA telah dilaksanakan sesuai dengan RPP dengan keterlaksanaan mencapai 100% serta rata-rata skor 4 diperoleh dalam tiap fase kegiatan pembelajaran. Selain itu, dengan pemberian tes membentuk kreativitas siswa dalam menyusun kata menggunakan KAPIJA, ketercapaian siswa semakin meningkat yang dibuktikan dengan hasil belajar, serta tingkat motivasi belajar semakin tinggi setelah menggunakan media KAPIJA. Hasil dari penelitian ini diabadikan dalam dokumentasi.


Abstract

In the process of learning to write Javanese script, requires the existence of media as a bridge of students in understanding the material for easy to understand. This study used descriptive qualitative method. The subjects of the study were fourth grade teachers and 40 fourth graders of SDN Babatan 1 Surabaya. Based on the observation, the learning process of writing Javanese script using KAPIJA media has been implemented in accordance with the lesson with 100% completeness and the average score of 4 is obtained in each phase of learning activities. In addition, by giving tests to form the creativity of students in preparing words using KAPIJA, increasing student achievement as evidenced by the learning results and the level of learning motivation is higher after using KAPIJA media. The results of this study are enshrined in the documentation.

Published
2018-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 229
PDF Downloads: 316