PENERAPAN METODE MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT KARYA ORIGAMI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PUNGGING 3 MOJOKERTO

  • ANSORI AMIRUDIN / SKGJ MOJOKERTO
  • SUPRAYITNO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan mendiskripsikan aktivitas guru dalam penggunaan metode modelling untuk meningkatkan keterampilan membuat karya origami siswa kelas IV SD; (2) Mengetahui dan mendiskripsikan aktivitas siswa dalam penggunaan metode modelling untuk meningkatkan keterampilan membuat karya origami siswa kelas IV SD; dan (3) Mengetahui dan mendiskripsikan keterampilan membuat karya origami siswa kelas IV SD meningkat setelah menggunakan metode modelling. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor ketercapaian 67,5% dan siklus II memperoleh skor ketercapaian 87,5%; (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor ketercapaian 65% dan siklus II memperoleh skor ketercapaian 85%; (3) Keterampilan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 71,95 dengan persentase ketuntasan 61,90% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas 79,19 dengan persentase ketuntasan 80,95%. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode modelling dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan keterampilan membuat karya origami siswa kelas IV SD.

Kata Kunci: metode modelling, origami, keterampilan siswa.

Abstract

This study aims to: (1) Know and describe the activities of teachers in the use of modeling methods to improve the skills of making work origami fourth grade students; (2) To know and to describe student activity in using modeling method to improve the skill of making work of origami of fourth grade students; and (3) Knowing and describing the skills of making the origami work of fourth grade students increased after using the modeling method. The result of data analysis is as follows: (1) Activity of teacher in cycle I get score of achievement 67,5% and cycle II get score of achievement 87,5%; (2) Student activity in cycle I get score of 65% achievement and cycle II get 85% achievement score; (3) Student skill in cycle I get grade average 71,95 with completeness percentage 61,90% and on cycle II grade average grade 79,19 with percentage mask 80,95%. From the results of the above research, it can be concluded that the use of modeling methods can increase teacher activity, student activity, and especially improve the skills of making work origami fourth grade students.

Keyword: modeling method, origami, student skill




Published
2018-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 49