PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS ( Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU SISWA KELAS IV-A SDN TANAH KALIKEDINDING II/252 SURABAYA

  • AGUS SUMARLIANI, A.MA.PD
  • SUPRAYITNO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kurangnya siswa memahami konsep dan penguasaan materi disebabkan karena strategi pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar. Jenis metode penelitian ini digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data hasil aktivitas guru meningkat 25,8% dari siklus I 53% kategori cukup, siklus II 78,8% kategori baik, siklus III 90,9 % kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat 16,7% , siklus I 59,1% kategori cukup, siklus II 75,8% kategori baik, siklus III 95,5% kategori sangat baik. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 5,7% siklus I sebesar 68,8 % siklus II sebesar 74,5% meningkat siklus III sebesar 92,5%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tema “INDAHNYA NEGERIKU” di kelas IV-A SDN Tanah Kali Kedinding II/252.

Kata kunci: Hasil belajar IPS, Tipe TPS (Think Pair Share)

Abstract

The background of this research is the lack of understanding about the concept and mastery of the material due to unapproriate of the learning strategies. The aim of research was to describe studenst, teachers activity, and the learning result of students. The method is using a class action research by applying descriptive quantitative technique. Research data obtained from observation and test. Based on the research result, the activity of the teachers increase 25.8% from siklus I 53% is categorized not good, siklus II 78,8% is categorized good, siklus III 90,9 % is categorized very good. The activity of students increase 16,7% , siklus I 59,1% is categorized not good, siklus II 75,8% is categorized good, siklus III 95,5% is categorized very good. The result of learning students increase 5,7% siklus I 68,8 %, siklus II 74,5%, siklus III 92,5%. From those data it can be conclude that cooperative learning model type TPS (Think Pair Share) can increase student learning result, on teacher activity, and student activity when applied on “INDAHNYA NEGERIKU” theme in completing Social Science Lesson in class IV-A on SDN Tanah Kali Kedinding II/252 Surabaya.

Keywords: IPS learning result, TPS type ( Think Pair Share)




Published
2018-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 23