PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SDN GUNUNGANYAR TAMBAK/628 SURABAYA

  • NURUL FATIKAH
  • BUDIYONO

Abstract

Abstrak : Latar belakang penelitian ini adalah guru kurang bisa menggunakan model pembelajaran yang sesuai materi dan karakteristik siswa yang mengakibatkan siswa kurang antusias belajar sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkn aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada tema ekosistem subtema komponen eksosistem pembelajaran ke-1 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams games tournament. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data hasil belajar yang mencakup tiga ranah, yaitu ranah kognitif pada siklus I sebesar 70,38%, dan meningkat pada siklus II sebesar 92,52%. ranah afektif sebesar 54.25% pada siklus I, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 40.74%, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pada kegiatan aktivitas guru mengalami peningkatan dengan rata-rata siklus I sebesar 70,83%, dan pada siklus II meningkat sebesar 91,67%. Pada kegiatan aktivitas guru mengalami peningkatan dengan rata-rata siklus I sebesar 72,50%, dan meningkat pada siklus II sebesar 90%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siwa pada tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran ke-1 di kelas V SDN Gununganyar Tambak /628 Surabaya.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, tema ekosistem.

Abstract : The background of this research was teacher was unable to applying learning model that appropriated with student’s characteristic and matter that causing student was not enthusiast to learn and low student learning result. The aim of this research was to found out student activity, teacher activity, and student learning result on ecosystem theme subtheme ecosystem component first lesson by applying cooperative learning model type teams games tournament (TGT). This was a class action research by applying descriptive quantitative technique. Research data obtained from observation and test. Based on the research result, student learning outcomes include three domains, namely the cognitive domains on first cycle of 70.83%, and on second cycle increased of 92.52%. the affective domains of 54.25% in first cycle, and increased of 100% in second cycle. The psychomotor domains on first cycles of 40.74%, and increased of 100% on second cycles. On teacher activity experienced improvement with average on first cycle of 70.83%, and on second cycle increased of 91.67%. On teacher activity experienced improvement with average on first cycle of 72.50%, and on second cycle increased of 90%. From those data it can be conclude that cooperative learning model type teams games tournament (TGT) can increased student learning result, teacher activity, and student activity when applied on ecosystem theme subtheme ecosystem component lesson one in class V on SDN Gununganyar Tambak /628 Surabaya.

Keywords: learning result, cooperative learning model type teams games tournament (TGT), ecosystem theme




Published
2018-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 24