Pengaruh Penggunaan Metode Brainwriting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi IPA Kelas IV SDN Watesnegoro 1 Mojokerto

  • AFRIDA NUR TIFANNI

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAINWRITING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI IPA KELAS IV SDN WATESNEGORO 1 MOJOKERTO

Nama : Afrida Nur Tifanni

NIM : 14010644179

Program studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Julianto, S.Pd., M.Pd

Dalam pelaksanaan pendidikan, perlu adanya pembaruan pelaksanaan pembelajaran dengan melaksanakan pembelajaran yang mampu menumbuhkan kreativitas peserta didik. Penggunaan permasalahan yang nyata, berguna untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Sehingga diterapkan metode brainwriting untuk mendeskripsikan mengenai (1) Pengaruh metode brainwriting terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi IPA kelas IV SDN Watesnegoro 1 Mojokerto, (2) Keterlaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode brainwriting terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi IPA kelas IV SDN Watesnegoro 1 Mojokerto.

Jenis dari penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Watesnegoro 1 Mojokerto. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua kelas IV SDN 1 Watesnegoro Mojokerto. Kelas IV-A jumlah peserta didik sebanyak 31, sedangkan kelas IV-B terdapat 30 peserta didik. Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa pretest dan posttest digunakan untuk memperoleh data hasil pemecahan masalah, sedangkan non tes berupa observasi digunakan untuk memperoleh data dari keterlaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik dengan menggunakan metode brainwriting.

Hasil perolehan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah mengalami peningkatan sebesar 0,52. Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode brainwriting terlaksana dengan sangat baik diperoleh persentase aktivitas guru sebesar 83%. Pada aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 75% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil uji t-test pada aspek pemecahan masalah menunjukkan pengaruh berdasarkan perolehan nilai signifikansi 0.011 < 0.05. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode brainwriting menjadikan peserta didik mampu memecahkan permasalahan melalui berbagai ide/pendapat yang dihasilkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode brainwriting meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan pelaksanaan dengan baik sehingga berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi IPA kelas IV SDN Watesnogoro 1 Mojokerto tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci : Metode Brainwriting, Pemecahan Masalah, IPA.

ABSTRACT

THE INFLUENCE OF BRAINWRITING METHOD USE ON THE PROBLEM SOLVING ABILITY OF NATURAL SCIENCE MATERIAL CLASS IV WATESNEGORO 1 PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL MOJOKERTO

Name : Afrida Nur Tifanni

Registration Number : 14010644179

Study Program : S-1

Department : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Faculty : Faculty of Education

University : Universitas Negeri Surabaya

Advisor : Julianto, S.Pd., M.Pd

In the field of education, it is necessary to update and develop the implementation of learning by applying learning activities that can foster the learners’ creativity. One of the technique that can be used is problem solving since the use of real-life problems is useful to train learners’ problem solving skill. Therefore, brainwriting method is applied to describe (1) Influence of brainwriting method to problem solving ability on natural science material for 4th graders of Watesnegoro 1 Public Elementary School Mojokerto, (2) Learning implementation by applying brainwriting method and problem solving ability on natural science material for 4th graders of Watesnegoro 1 Public Elementary School Mojokerto.

The types of this research are Quasi Experimental Design and Nonequivalent Control Group Design. Population in this research is the whole 4th grade students of Watesnegoro 1 Public Elementary School Mojokerto. The sample of this research consists of two classes of the 4th grade students of Watesnegoro 1 Public Elementary School Mojokerto. The members of class IV-A are 31 students, and there are 30 of class IV-B’s. Here, class IV-A is as an experimental class, while class IV-B is as a control class. The data is collected by using test and non-test techniques. Test technique which is in the form of pretest and posttest is used to obtain data of problem solving result, while non-test technique is in the form of observation that is used to obtain data from learning activity, covering teacher’s and learners’ activity with the use brainwriting method.

The results of this study indicates that the ability of learners in problem solving has increased by 0.52. The implementation of brainwriting method in learning process is performed very well, and obtained the percentage of teacher activity by 83%. Moreover, the obtained student activity percentage is equal to 75% which is included in good category. The result of t-test on problem solving aspect shows an influence based on the significance value of 0.011 < 0.05. This implementation of learning by using the method of brainwriting makes learners are able to solve problems through various ideas / opinions generated. Thus, it can be concluded that learning by using brainwriting method can improve learners’ problem-solving ability that has conducted with good implementation. It is positively affect the problem-solving abilities in natural science material class IV Watesnegoro 1 Public Elementary School Mojokerto in the academic year of 2017/2018.

Keywords: Brainwriting method, problem solving, natural science.

Published
2018-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 61