PENGARUH METODE PENUGASAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL MATA PELAJARAN PPKN KELAS III SDN KEBRAON 2/437 SURABAYA

  • ROSIDA PRISKA
  • VICKY DWI WICAKSONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian perlakuan antara kelas kontrol dan 3 kelas eksperimen terhadap pemahaman siswa materi simbol sila dan perilaku pengamalan Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan uji F/ANOVA jenis one way. Penelitian dilakukan pada 3 kelas eksperimen dengan perlakuan penggunaan metode penugasan, penggunaan metode penugasan dengan media audiovisual, penggunaan media audiovisual dan kelas kontrol tanpa perlakuan. Populasi dan sampel penelitian adalah adalah seluruh siswa kelas III SDN Kebraon 2/437 Surabaya.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa pre-test dan post-test. Terdapat pengaruh pemberian perlakuan pada ketiga perlakuan yang diberikan dan untuk mengetahui perbedaan pemberian perlakuan maka diberikan uji F/ANOVA menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,005 < 5% sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam pemberian perlakuan pada 3 kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap pemahaman siswa materi simbol sila dan perilaku pengamalan Pancasila mata pelajaran PPKN kelas III SDN Kebraon 2/437 Surabaya.

Kata Kunci: pengaruh, metode penugasan dengan media audiovisual, pemahaman siswa

Abstract

This study aims to determine the effect of treatment between the control class and 3 experimental classes on students understanding of the material of the symbol of sila and the behavior of Pancasila practice. The type of this research is experimental research using F / ANOVA type one way test. The study was conducted in 3 experimental classes with treatment of assignment method, use of assignment method with audiovisual media, use of audiovisual media and control class without treatment. The population and sample of the research are all 3rd grade students of SDN Kebraon 2 / 437 Surabaya. Data collection techniques were performed using pre-test and post-test. There was effect of treatment on the three treatments given and to know the difference of treatment given F / ANOVA test resulted significant value of 0.005 <5% so Ho is rejected and H1 accepted. Thus it can be concluded that there are differences in the treatment of 3 classes of experiments and control classes on students understanding of the material of symbols of sila and the behavior of the practice of Pancasila subjects civic class III SDN Kebraon 2/437 Surabaya.

Keywords:Impact, assignment method with audiovisual media, studen’st understanding








Published
2018-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 24