Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Kramattemenggung 2 Sidoarjo

  • NOVI RETNO WARDHANI
  • SURYANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SDN Kramattemenggung 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu pretest, treatment, dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kramattemenggung 2 Sidoarjo dengan teknik pengambilan sampel jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data dan uji t-test. Untuk uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SDN Kramattemenggung 2 Sidoarjo.

Kata Kunci: Problem Based Learning, IPA, Berpikir Kritis


Abstract

This study aims to determine the effect of Problem Based Learning model on the critical thinking skills of grade 4 students of SDN Kramattemenggung 2 Sidoarjo. The type of this research is experimental research with quasi design experimental design form nonequivalent control group design. This research is conducted in three stages: pretest, treatment, and posttest in the experimental class and control class. Population and sample of research are all fourth grade students of SDN Kramattemenggung 2 Sidoarjo with saturated sampling type. Technique of collecting data is done by test technique. Data analysis technique used is prerequisite test of data analysis and t-test. For prerequisite tests include normality test and homogeneity test. The t-test test yields a significance value of 0,000 <0,05 so Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that there is an influence model of Problem Based Learning on the critical thinking skills of grade 4 students of SDN Kramattemenggung 2 Sidoarjo.

Keywords: Problem Based Learning, Science, Critical Thinking


Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 145