Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check

  • ANIS YULIA CITRA
  • SUPRIYONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Slempit Kedamean Gresik pada tahun ajaran 2017 / 2018. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperiment, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di kelas IV SDN 1 Slempit dengan sampel kelas IV-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa, sedangkan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes uraian berupa soal pretest dan soal posttest yang selanjutnya diuji menggunakan SPSS 22 menggunakan uji t-test. Hasil uji t-tes dengan signifikan 5% didapatkan hasil 0,014 < 0,05, yang berarti bahwa model pembelaajaran kooperatif tipe pair check berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Slempit Kedamean Gresik.

Kata Kunci : pair check, pembelajaran IPA.

Abstract

The purpose of this study to know the influence of use cooperative learning model with pair check type on student’s achievement of science fourth grade students SDN 1 Slempit Kedamean Gresik in the academic year 2017/2018. This research is uses quasi experimental research design, with nonequivalent control group design. Population in this research is all of studenst in class IV SDN 1 Slempit with sample of class IV-A as control class with number 21 students, while class IV-B as experiment class with number of 20 students. Technique of collecting data that is used are question tests in the form of pretest and posttest problem which is continue tested by using SPSS 22 use t-test. The result of t-test test with significant 5% obtained 0,014 < 0,05, which means that model of cooperative with pair check type has influence to student’s achievement in science fourth grader SDN 1 Slempit Kedamean Gresik.

Keywords: pair check, science learning.






Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 67