ESTIMASI DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL PADA KELAS IV DI SD KHADIJAH 3 SURABAYA

  • NUR AZIZAH FAHMI
  • NENI MARIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui estimasi dalam pemecahan masalah aritmatika sosial pada kelas IV. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Peneliti memilih subjek penelitian yaitu guru dan tiga peserta didik dengan kategori berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih berdasarkan penilaian harian dan tes matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memilih Rounding strategy dalam pembelajaran estimasi dan menggunakan model pembelajaran Role playing serta media pembelajaran berupa video. Sedangkan peserta didik berkemampuan matematika tinggi telah melaksanakan seluruh tahapan pemecahan masalah polya dengan baik. Begitu pula dengan peserta didik berkemampuan matematika sedang yang melaksanakan seluruh tahapan polya namun belum maksimal, dan pada peserta didik berkemampuan matematika rendah hanya melaksanakan beberapa tahapan saja dalam pemecahan masalah Polya.






Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 156