EFEKTIVITAS MEDIA TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 2 KEDAMEAN GRESIK

  • VICKY ARVENTIANTO
  • SRI HARIANI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media tiga dimensi tema kolonialisme dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 2 Kedamean Gresik. Jenis penelitian menggunakan pre-experimental design dengan bentuk rancangan one group pretest-postest design. Sampel yang dipilih untuk penelitian ini adalah kelas V B yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian dapat dibuktikan melalui uji hipotesis, pada perhitungan T-test didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 yang artinya 0,00 lebih kecil dari 0,05. Jadi, penggunaan media tiga dimensi tema kolonialisme efektif digunakan dalam keterampilan menulis narasi siswa.

Kata Kunci: media tiga dimensi tema kolonialisme, keterampilan menulis narasi

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of colonialism themed three-dimensional media in learning to write the narrative of grade V Kedamean Gresik 2 Elementary school. This type of research uses a pre-experimental design with a pretest-posttest design. The sample for this research is the VB class with 23 students. The result of the research can be proved by hypothesis test, on the T-test the sig (2-tailed) value is 0.00, which means 0.00 is less than 0.05. Thus, the use of a colonialism themed three-dimensional media is effective in the students narrative writing skills.

Keywords: three dimensional media theme of colonialism, narrative writing skills





Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 42