Penerapan Media Flip Chart Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keberagaman Rumah Adat di Indonesia Kelas IV C SDN Bubutan IV Surabaya

  • IVANA NOVITA SARI
  • SIRADJUDDIN S

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa materi keberagaman rumah adat di Indonesia kelas IV C SDN Bubutan IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan guru kelas dengan menggunakan tiga siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan , serta refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I, II, dan III menggunakan media flip chart mengalami peningkatan dan mencapai indikator yang telah ditetapkan yakni ≥ 85 %.

Kata Kunci : Flip Chart, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS.

Abstract

The purpose of this research is to increase the activity of the students and the teachers activity during learning activities take place, as well as description of the results of student learning the material diversity Indonesia Traditional House at class IV C SDN Bubutan IV Surabaya. This research uses a type of class action research conducted collaboratively by researchers and classroon teachers by using the three cycles namely planning, execution and observation, and reflection. The results of the research conducted in cycle I, II, and III use flip chart media have elevated and reach predefined indicator ≥ 85%.

Keywords: Flip Charts, Learning Process, Social Science Learning





Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 69