PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN RABDOLOGIA MODIFIKASI PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III

  • DEWI TAMARA PRATIWI
  • DELIA INDRAWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan media papan rabdologia modifikasi pada materi perkalian serta kelayakan media papan rabdologia modifikasi. Dalam mengembangkan media peneliti menggunakan model penelitian ADDIE. Model ADDIE memiiki lima tahapan yakni : Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subyek yang digunakan dalam ujicoba produk media yaitu siswa kelas III di SDN Banaran I yang beranggotakan 28 siswa. Sebelum media diujicobakan kepada siswa, media tersebut diujicobakan terlebih dahulu pada tim ahli yakni ahli media dan ahli materi. Untuk kelayakan materi terhadap media memiliki persentase 84% artinya materi dalam pembelajaran matematika materi perkalian dinyatakan valid, sedangkan kelayakan media papan rabdologia modifikasi memiliki persentase 85% yang menunjukkan bahwa media tersebut valid atau layak digunakan untuk siswa kelas III SD. Berdasarkan hasil angket yang diberikan oleh siswa, diketahui bahwa respon setelah menggunakan media papan rabdologia modifikasi memiliki kategori sangat layak dengan persentase skor 96,45% artinya siswa merasa senang menggunakan media tersebut.

Kata Kunci: modifikasi, papan rabdologia, perkalian SD


Abstract

This study aims to describe the development of modified rabdologia board media on multiplication materials and the feasibility of modified rabdologia board media. In developing the media researchers use the ADDIE research model. The ADDIE model has five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects used in media product trial are class III students at SDN Banaran I with 28 students. Before the media were tested to students, the media was first tested on a team of experts, media experts and material experts. For the medias material feasibility 84% means that the material in the mathematics learning material is declared valid, while the feasibility of the modified rabdologia board media has 85% percentage indicating that the media is valid or suitable for third grade students. Based on the results of questionnaires given by the students, it is known that the response after using the modified rabdologia board media has a very decent category with a percentage score of 96.45% means students feel happy using the media.

Keywords: modifications, rabdologia boards, multiplication SD.


Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 110