PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD

  • KHOIROH UMMAH
  • SUPRIYONO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Karangpilang Surabaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVC SDN Kebraon I/436 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa dan SDN Kedurus III sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperiment Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data terdiri dari validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis terhadap nilai pretest dan posttest siswa kelas eksperimen dan kontrol diperoleh perbandingan (5% = 5,940 > 1,683). Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Karangpilang Surabaya.

Kata Kunci: kooperatif, The Learning Cell, hasil belajar

Abstract

The aim of this research is to determine the effect of aplication of cooperative learning model type of Learning Cell on the social science learning results of fourth grade students of elementary school in Karangpilang district, Surabaya. The sample of this research is the students of grade IVC SDN Kebraon I / 436 as the control class which is 22 students and SDN Kedurus III as the control class which is 20 students. The research type used quasy experiment research. Collective data of this research is using purposive sampling. Data analysis techniques consist of validity, reliability, normality test, and hypothesis testing. The result of hypothesis test on pretest and posttest value of experimental and control class students obtained comparison (5% = 5,940> 1,683). According to the result of the study there is a significant influence of the use of cooperative learning model type of Learning Cell on the social studies learning result of fourth grade of elementary school in Karangpilang district, Surabaya.

Keywords: cooperative, The Learning Cell, learning results
Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 28