Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif

  • AVISTA INDAH SARI
  • MOHAMMAD HUSNI ABDULLAH

Abstract

Abstrak

Dalam upaya mencapai tujuan pendidikan harus melibatkan beberaa hal yang mempengaruhi, namun kenyataan yang dihadapi dalam dunia pendidikan tidak semua siswa dengan cepat mengerti akan materi yang dijelaskan oleh guru. Beberapa yang menjadi kendala adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru terlihat kurang menarik karena hanya satu arah. Hal ini membuat hasil belajar siswa jelek. Banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya ialah model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming, peningkatan hasil belajar siswa, dan kendala-kendala yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Lokasi penelitian ini adalah SDN Kebraon I/436 Surabaya. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IVC.

Kata Kunci: Round Robin Brainstorming, hasil belajar, ptk.

Abstract

In the effort to achieve the goal of education must involve some things that affect, but the reality faced in the world of educationnot all students quickly understand the material described by teacher. Some of the obstacles are the lessons made by the teacher look less attractive because only one direction. This makes the student larning outcomes ugly. Many students score under the criteria. To overcome this, the need for a learning model that can improve student learning outcomes. On of them is cooperative learning model of round robin brainstorming type. The purpose of this research is to describe the implementation of cooperative learning of round robin brainstorming type, the improvement of student learning outcomes, and the constraints encountered in the learning. This study uses a classroom action research with two cycles. The location of this research is elementary school Kebraon I/436 Surabaya. The subject is a teacher and a IVC class student.

Keywords: round robin brainstorming, learning media , classroom action research.

Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 325