Pengembangan Media Interaktif Falsh materi Perkembangbangbiakan Tumbuhan pada Siswa Kelas VI SD

  • FADLIYAH KHOIRUNNISA
  • MINTOHARI

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru kelas VI di beberapa SD, diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan kebanyakan berupa buku ajar dan gambar yang kurang memperjelas mengenai secara nyata proses perkembangbiakan tumbuhan. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan media interaktif berbasis macromedia flash yang layak dan efektif. Dalam pengembangannya, digunakan model DDD-E yang terdiri dari 4 tahapan yaitu decide, design, develop dan evaluate. Untuk mengetahui kelayakan, digunakan instrumen angket yang dicari nilai persentase kelayakannya. Kemudian untuk mengetahui efektifitas, dicari perbandingan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui instrumen berupa tes. Uji coba tersebut dilakukan pada skala kecil maupun skala besar. Hasil persentase angket siswa pada skala kecil dan skala besar berturut-turut sebesar 97,5% dan 87%, yang berarti media termasuk layak. Berdasarkan hasil post-test dan pre-test pada uji skala kecil, terdapat peningkatan dari 52,3 menjadi 73,4 sedangkan dalam uji skala besar terdapat peningkatan dari 60,7 menjadi 80,1 yang berarti media yang dihasilkan termasuk efektif.

Kata Kunci: Macromedia flash, media interaktif, perkembangbiakan

Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 151