EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • LENY FATIMAH AGUSTIN
  • MARYAM ISNAINI DAMAYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi di kelas IV SDN Babatan I Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan menggunakana One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IVB SDN Babatan I Surabaya yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest yakni 50,39 sedangkan rata-rata nilai posttest yakni 78,48. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung > t table yaitu 11,4 > 2,037 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi.

Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 78