Studi Auto|etnografi : Kecemasan Guru Kelas Sekolah Dasar Saat Mengajarkan Matematika

  • LAILIS SAADAH
  • NENI MARIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kecemasan yang muncul pada diri peneliti dan guru kelas sekolah dasar, dari segi penyebab dan dampak yang mempengaruhi cara mengajar Matematika di kelas. Penelitian ini menggunakan empat metode pengumpulan data, yaitu Critical auto/etnography, writing as narrative inquiry, wawancara semi terstruktur dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan yang dialami baik dari diri peneliti maupun guru berdampak negatif terhadap sikap dan cara mengajar Matematika di kelas. Dapat disimpulkan bahwa pengalaman masa lalu peneliti yang buruk akan memunculkan kecemasan saat mengajar Matematika. Umumnya penyebab kecemasan yang dirasakan guru saat mengajarkan Matematika yaitu materi yang dianggap sulit dan standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang tinggi. Akibatnya guru menjadi tidak fokus saat mengajarkan Matematika dan berpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: studi auto|etnografi, kecemasan Matematik, pembelajaran Matematika










Published
2018-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 54