PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH MATERI DAUR HIDUP DAN METAMORFOSIS UNTUK SISWA KELAS IV SDN PUCANG 4 SIDOARJO

  • WILDANIA AUDIN
  • FARIDA ISTIANAH

Abstract

Abstrak

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memaparkan kelayakan dan keefektifan media pembelajaran interaktif dan proses pengembangannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD dengan 10 langkah yang telah disederhanakan menjadi 8 langkah dari Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket, observasi, dan tes. Kelayakan media ditunjukkan dengan hasil validasi, angket respon siswa, dan lembar observasi. Hasil validasi materi media pembelajaran interaktif yaitu 81,6% yang termasuk sangat baik. Hasil validasi media pembelajaran interaktif yaitu 95,8% yang juga termasuk sangat baik. Untuk hasil dari respon siswa adalah sangat baik dengan presentase sebesar 97,3% pada uji coba lapangan pertama. Keefektifan ditunjukkan dengan uji signifikansi hasil yang diperoleh yaitu, t0 = 8,46 dengan db = 57 diperoleh ttabel pada t.s.0,05 = 1,67 dan t.s.0,01 = 2,39. Karena t0 lebih besar daripada t tabel baik pada taraf signifikansi 0,05 maupunn 0,01, sehingga masuk daerah penolakan dan hipotesis kerja diterima.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, flash, daur hidup dan metamorfosis
Published
2018-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 51