TRANSFORMASI KONTEKS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA YANG MENGANDUNG NILAI-NILAI ISLAMI DALAM ALQURAN SURAH AL-ISRA’

  • USIS KHOIRIDA
  • NENI MARIANA

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pengalaman peneliti yang tidak merasakan adanya perbedaan penyampaian konsep Matematika di sekolah dasar Negeri dengan sekolah dasar berbasis islami. Serta dari pengalaman peneliti saat melaksanakan praktek mengajar di SD yang merasakan kurang adanya penanaman nilai moral kepada siswa sekolah dasar yang kemudian mengingatkan peneliti pada salah satu ayat dari surah Al-Isra’. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep Matematika yang ada pada surah Al-Isra’, memahami ayat surah Al-Isra’ yang mengandung nilai moral dan dijadikan sebagai konteks soal pemacahan masalah Matematika. Penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data, yaitu narrative writing, studi literatur, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam surah Al-Isra’ terdapat konsep Matematika dan ayat yang mengandung nilai moral yang dapat digunakan sebagai konteks soal pemecahan masalah Matematika. Dapat disimpulkan bahwa hasil ekplorasi konsep Matematika dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran Matematika serta ayat dari surah Al-Isra’ yang mengandung nilai moral dapat dijadikan konteks soal pemecahan masalah Matematika.

Kata Kunci: transformasi, pemecahan masalah Matematika, Matematika dalam Alquran





Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 232