Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Rompi " Aku Anak Sholih-Sholihah" Di Kelas 5 SDIT At-Taqwa Surabaya

  • ISMI KHUMAIRO
  • VICKY DWI WICAKSONO

Abstract

Abstrak

Tujuan melakukan penelitian ini adalah mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui rompi “Aku Anak Sholih-Sholihah” di kelas 5 SDIT At-Taqwa Surabaya. penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari 4 teknik, yaitu: (a) wawancara, (b) observasi, (c) dokumentasi, dan (d) diary method. Program rompi dapat menghasilkan banyak hal positif untuk semua kalangan terutama guru dan siswa kelas 5. Dengan adanya program rompi ini siswa lebih menjaga karakter yang dimiliki karena siswa ingin selalu menggunakan rompi tersebut setiap minggu. Bagi guru program rompi dapat membantu dalam hal pengawasan dan pengontrolan karakter yang harus dimilki siswa. Program rompi ini digunakan sebagai penghargaan kepada siswa yang berkarakter sesuai point yang ditentukan.

Kata Kunci: pendidikan karakter, program rompi, kualitatif

Abstract

The purpose of this research to describe implementation of character education with vest program whichis named “Aku Anak Sholih-Sholihah” in the fifth grade SDIT At-Taqwa Surabaya. This research use description qualitative method. Data collection technique are: (a) interview (b) observation (c) documentation (d) diary method. Vest program can produce many positive thing to all people especialy the teacher and the student in the fifth grade. This vest program can make the student keep control the character’s because the student hope can use the vest every week. For the teacher, the vest program can help the teacher to watch and control the student character’s have to own the student. This vest program uses as reward and give reward to the children according to the points specified.

Keywords: character education, vest program, qualitative


Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 158