PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKATIF ASTRODENT BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VI SD

  • RENALDY ALFARIS
  • SURYANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini mengembangkan media pembelajaran ASTRODENT yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran game edukatif ASTRODENT berbasis aplikasi Android. Pada penelitian ini didapatkan hasil tiga kriteria kelayakan antara lain: (1) Kriteria kelayakan validasi materi sebesar 95,37% (layak), dan kriteria kelayakan validasi media sebesar 90,21% (layak); (2) Kriteria kelayakan kepraktisan pada uji coba skala kecil sebesar 96,29% (praktis), dan kriteria kelayakan kepraktisan uji coba skala besar sebesar 98,62% (praktis); (3) Kriteria kelayakan keefektifitas uji coba skala kecil dengan menggunakan jenis pretest-posttest design didapatkan hasil uji Independent t-test sebesar 0,00 atau hasil belajar siswa meningkat dengan hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,4 (peningkatan sedang), dan uji coba skala besar dengan menggunakan jenis pretest-posttest group design, didapatkan hasil uji t-tes pada hasil posttest sebesar 0,00 atau dapat dikatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahuinya menggunakan uji N-Gain pada pretest dan posttest kelas eksperimen didapatkan kenaikan 0,71 (peningkatan tinggi) dan kelas kontrol 0,13 (peningkatan rendah).
Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran Android, Tata surya, Hasil Belajar, Game edukasi.


Abstract


This development research developed the learning media ASTRODENT which aims to find out the feasibility level of learning media educationalgames ASTRODENT based on Android applications. In this research we getthe result of three criteria of eligibility, among others : (1)Material validation feasibility criteria of 95.37% (feasible), andmedia validation eligibility criteria of 90.21% (feasible);(2) Criteria for the feasibility of practicality on small-scale trials of 96,29% (practically),and criteria for the feasibility of practical large-scale trials of 98,62% (practically); (3)The feasibility criteria for the effectiveness of small-scale trials using the pretest-posttest design type obtained the results of the Independent t-test of 0.00 or the student learning result increased with the N-Gain calculation of 0.4 (medium improvement), and large-scale trials using the pretest-posttest group design type, the results of a t test on the posttest result of 0.00 or it can be said that there is a difference in the average value of the experimental class and the control class to find out using the N-Gain test at pretest and the experimental class posttest was gained 0.71 (high increase) and control class 0.13 (low increase).


Key word: Developing the learning Media in Android, Solar system, Learning Result, Education game.

Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 410