Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Siswa Cerdas Istimewa (Gifted) Program Kelas Akselerasi Di MI Maarif NU Pucang Sidoarjo

  • IRFINA CINDY ALFIANITA
  • GANES GUNANSYAH

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui potret kompetensi pedagogik guru untuk siswa (gifted) program akselerasi di MI Maarif NU Pucang Sidoarjo. Pendekatan yang diaplikasikan oleh peneliti di dalam karya ilmiah ini yakni pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang mendeskripsikan secara sistematis kompetensi pedagogik guru bagi anak gifted dengan memperhatikan karakteristik siswa pada kelas akselerasi di MI Maarif NU Pucang Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru yang memiliki latar belakang magister dan PGSD lebih memiliki pengalaman mengajar dan dapat memenuhi lebih dari lima subkompetensi pedagogik guru. Hasil penelitian ini sekaligus membuktikan bahwa kompetensi pedagogik guru untuk siswa gifted, selain berdasarkan pada bakat yang dimiliki guru, juga dipengaruhi oleh pengalaman mengajar, juga berdasar pada latar belakang pendidikan, yang ketiganya memegang peranan penting dalam proses pembelajaran.Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Siswa Cerdas Istimewa, Program Kelas Akselerasi
Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 112