Pengaruh Strategi Inside-Outside Circle Terhadap Perkalian

  • JOHANNA RINDAWATI SANI PUTRANTI
  • BUDIYONO

Abstract

Penelitian ini dilakuan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Inside-outside Circle terhadap hasil belajar Matematika pada materi perkalian untuk siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan teknik Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebraon I Surabaya dengan jumlah seluruh populasi sebesar 109 siswa dari 4 kelas yang tersedia. Kemudian diambillah dua kelas sebagai sampel penelitian yang dibedakan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah 52 siswa. Hasil dari data yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi pembelajaran Inside-outside Circle memiliki pengaruh terhadap hasil belajar perkalian untuk pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Hasil yang didapatkan pada perhitungan menggunakan software SPSS 22 yaitu taraf signifikan yang digunakan sebesar 5% dan hasil dari penghitungan sig.(2-tailed) sebesar 0,42. Jadi 0,42 > 0,05 yang artinya Ha dapat diterima sedangkan H0 tidak dapat diterima.

Kata kunci : Pengaruh, Srtategi pebelajaran Inside-outside CircleI, Hasil Belajar, Pekalian

Abstract

This research was conducted with the aim to know the influence of the use of Inside-outside Circle learning strategy to Mathematics learning outcomes in multiplication material for third grade students. This research uses Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design technique. This research was conducted at SDN Kebraon I Surabaya with total population of 109 students from 4 classes available. Then two classes were taken as research samples that were divided into experimental and control groups with a total of 52 students. Results from the data obtained from this study stated that the learning strategy of inside-outside circle has an influence on the multiplication learning outcomes for the third grade students of Elementary School. The results obtained on the calculation using SPSS 22 software was a significant level used for 5% and the result of calculation sig. (2-tailed) of 0.42. So 0.42> 0.05 which means Ha was acceptable whereas H0 is not acceptable.

Keywords: Influence, Strategy Inside-outside Circle Learning, Learning Outcomes, Multiplication






Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 48