Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Gaya Siswa Kelas IV SDN Lidah Wetan II / 462 Surabaya

  • ACHMAD ZULKARNAIN
  • FARIDA ISTIANAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar IPA materi gaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experiment dengan menggunakan desain penelitian non-ekuivalen. Cara pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cara simple random sampling. Subyek penelitian ini terdiri dari 63 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes, tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda dan soal uraian. Data yang telah didapat diolah menggunakan uji T. Hasil dari uji T nilai -Thitung (-4,645) < -Ttabel (-1,996) yang memiliki arti bahwa H0 ditolak. Dapat diambil simpulan model pembelajaran inquiry dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran inquiry di SDN Lidah Wetan II Surabaya.

Kata Kunci: IPA,model belajar, hasil belajar






Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 48