PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PBL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN BABATAN 1/456 SURABAYA

  • KURNIA AYU ARTA DIANSYAH
  • SURYANTI

Abstract

Yang melatar belakang dalam penelitian ini rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL (Problem Based Learning) terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada matapelajaran IPA siswa kelas IV SDN Babatab 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas dimana kelas IVA menjadi kelas eksperimen dan kelas IVB menjadi kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan peningkatan yang dibuktikan dengan uji t-test yang menunjukkan nilai sig kedua kelas sebesar 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa model PBL memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.

Kata Kunci: PBL (Problem Based Learning), IPA, Keterampilan Pemecahan Masalah






Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 147