PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN PERNING MOJOKERTO

  • RIZKI SETYOWIYANTI
  • SUPRIYONO

Abstract

Abstrak

Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Time Token adalah salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Time Token bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas. teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian yang di dapat yaitu pada hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan 70% dan siklus II 90%. Kemudian observasi aktivitas guru pada siklus I 78.40% dan siklus II 92.04%. dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 79.54% dan pada siklus II 93.18%. Dari data tersebut dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Time Token, IPS.

Abstract

One of many ways to improve students learning result is applying the right learning model to the students. Time Token learning model is a learning model can improve students learning result. Application of Time Token learning model aims to improve students activity in learning. Techniques that used in the reseach are observation and test. The learning result in the cycle I is 70% dan cycle II 90%. Then the teacher activity in cycle I is 78.40% and cycle II 92.04%. and students activity in cycle I is 79.54% and cyle II is 93.18%. from the data can be concluded that Time Token learning model can improve student learning results.

Keywords: Learning results, Time Token learning model, social studies.


Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 117