Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Gadung Driyorejo Gresik

  • RICHA ANGGRAINI WINDARTI
  • MULYANI

Abstract

Penelitiannini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaraniyang meliputi aktivitassguru dan siswa, peningkatan hasil belajar, serta kendala dalam kegiatan pembelajaran. Metodeiyang digunakan adalah tindakan kelas yang bersifatikolaboratiffdengan guru kelas dan berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Hasil penelitian keterlaksanaannaktivitassguru pada siklus Issebesar 81,8% dan siklus II 100%. Ketercapaian aktivitas guru pada siklus I mencapai 77,27 dan siklus II 88,63. Keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 87,5% dan siklus IIs100%. Ketercapaianiaktivitas siswa pada siklus I mencapai 75 dan siklus II 85,93. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,63% pada siklus II 86,36%. Kesimpulanya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Circuit Learning.

Kata Kunci : Model Circuit Learning, Hasil Belajar Siswa






Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 26