PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOLPIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GILANG 1 TAMAN SIDOARJO

  • ROSITA DEWI NUR SOLEKHAH
  • SURYANTI

Abstract

Abstrak

Melalui pemilihan media yang tepat dalam pembelajaran, siswa akan mampu memahami materi pelajaran secara lebih baik. Media permainan mampu mengajak siswa, khususnya siswa SD untuk bermain sambil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan media Dolpin terhadap hasil belajar IPA siswa SDN Gilang 1, Taman, Sidoarjo.Salah satu media permainan yang dapat digunakan adalah media Dolpin (Dolanan Monopoli Pinter). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan instrumen berupa soal tes. Hasil rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 86,75 dan 76,75. Dari uji-t diperoleh hasil 0,028, dimana 0,028 < 0,05 atau Ho ditolak. Hal ini juga didukung dengan perhitungan N-Gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol yakni 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0,226 yang termasuk dalam kategori rendah. Jadi dapat dsimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan media Dolpin terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gilang 1 Taman, Sidoarjo. Pembelajaran yang menyenangkan dapat menambah minat siswa dalam proses pembelajaran dan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Media Dolpin, Hasil Belajar, IPA.






Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 16