PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • DWI RATNA JUWITA
  • SUPRIYONO

Abstract

Pengamatan dan wawancara awal hasil belajar belum mencapai KKM 75. Dalam membaca hanya 8 siswa (20%) tepat pelafalannya; 10 siswa (25%) tepat intonasinya; 9 siswa (22,5%) lancar membacanya. Tujuan mendeskripsikan : 1. Pelaksanaan pembelajaran; 2. Hasil belajar; 3. Kendala-kendala dan cara mengatasinya. Jenis penelitian PTK. Teknik pengumpulan data : observasi dan tes. Analisis data : persentase, ketercapaian, dan akhir hasil belajar. Simpulan : Terjadi peningkatan signifikan siklus I 16,7%. Siklus II 14,6% dengan kategori sangat baik; Terjadi peningkatan signifikan hasil belajar siklus I 32,5%, Siklus II 50%. DSI siklus I 26,3%, siklus II 10,4% Indikator telah terpenuhi; Pelaksanaan pembelajaran dapat dicarikan jalan keluar.

Kata Kunci : Pembelajaran Langsung, Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan






Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 120