Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV

  • EKA NURVITA AZYURA
  • MULYANI

Abstract

Media merupakan salah satu pilihan yang dapat dikembangkan oleh guru untuk meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran dikelas. Media memiliki nilai positif dalam menstimulus pengetahuan siswa dan memotivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarakan pengamatan, penggunaan media di SDN Wiyung I/453 Surabaya masih minim. Sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV di SDN Wiyung I/453 Surabaya. Penelitian ini menerapkan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji validasi, reliabelitas, normalitas, homogenitas, hipotesis (T-test) dan uji Gain dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil perhitungan uji T-test pada kolom sig 2 tailed adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar IPS tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV di SDN Wiyung I/453 Surabaya.

Kata Kunci: Pengaruh, Scrapbook, Hasil belajar.




Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 122