IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR GUGUS 1 KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK

  • LUTHFI KHOIRINA
  • GANES GUNANSYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, faktor pendukung dan faktor penghambat serta implikasi adanya program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dalam penelitian ini yaitu 1) pelaksanaan program PKB sebatas kegiatan pengembangan diri, tidak ada kegiatan publikasi ilmiah dan juga karya inovatif. 2) faktor pendukung dalam pelaksanaan program PKB yaitu adanya dukungan dari kepala sekolah, motivasi dalam diri, dan untuk menaikkan angka kredit. Sedangkan faktor penghambatnya adalah menggunakan hari efektif, sarana dan prasarana yang kurang memadai, jaringan internet yang kurang stabil dan lemahnya guru dalam penggunaan teknologi. 3) implikasi dari program PKB adalah bertambahnya wawasan guru, menambah relasi antar guru dari berbagai wilayah di Kabupaten Nganjuk, berkurangnya jam mengajar serta harus menggunakan biaya secara mandiri untuk mengikuti program PKB.

Kata Kunci: Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan






Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 343