Penggunaan Metode GASING dalam Pembelajaran Matematika di MI Maarif NU Pucang Sidoarjo

  • ALIAH ROKHMAWATI
  • BUDIYONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berawal dari rendahnya peserta didik yang kurang berminat dalam mempelajari ilmu Matematika karena merasa kesulitan dalam berhitung dan masih terdapat pendidik yang menggunakan metode kurang tepat. Sehingga penelitian ini akan meneliti tentang metode GASING ciptaan Prof. Yohanes Surya dalam pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pada saat penggunaan, hambatan yang dihadapi dalam penggunaan metode GASING dalam pembelajaran Matematika kelas IV di MI Ma’arif NU Pucang Sidoarjo. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan dilakukan dengan mengikuti pelatihan bersama Prof. Yohanes Surya dan kemudian didiskusikan dalam KKG besar dan KKG kecil, (2) pelaksanaan metode GASING dalam pembelajaran Matematika kelas IV terdapat pada materi perkalian susun, perpangkatan, pengakaran, pecahan, dan statistik mean, (3) Evaluasi pada saat penggunaan metode GASING ditentukan oleh kemampuan setiap peserta didik yang akan dibagi menjadi tiga tingkatan: pengayaan, pemantapan, remidial, (4) Hambatan mengenai terhalangnya biaya dalam sumber buku pembelajaran, materi pembelajaran yang terbatas, dan peserta didik yang cenderung menggunakan metode tradisional, (5) Upaya yang dilakukan adalah dengan membuat rangkuman sebagai buku pegangan peserta didik dan melatih peserta didik secara berulang-ulang agar terbiasa menggunakan metode GASING.

Kata Kunci: Metode GASING, Pembelajaran Matematika

Abstract

This study originated from the low-learner less interested in studying the science of Mathematics because of the difficulty in counting and there are still educators who use methods less precise. So this research will examine about method GASING creation of Prof. Yohanes Surya in Mathematics learning. This research uses qualitative research. The purpose of this study is to describe the planning, implementation, evaluation at the time of use, obstacles faced, and efforts made to overcome obstacles encountered in the use of methods GASING in learning fourth grade Mathematics at MI Ma’arif NU Pucang Sidoarjo. The results of this research indicate that: (1) the planning done by following joint training Prof. Yohanes Surya and then discussed in large KKG and small KKG, (2) the implementation methods GASING in learning fourth grade Mathematics is stacking multiplication, exponentiation, rooting, fractional, and statistics mean, (3) Evaluation at the time of use methods GASING is determined by the abilty of each learners who will be divided into three levels: enrichment, consolidation, remidial, (4) Obstacles regarding the obstruction charges in a source book learning, the learning material is limited, and students who tend to use traditional methods, (5) the efforts made is making the summary as a participant Handbook educates and trains students in over and over again in order to get used to using the method of a GASING.

Keywords: Methods GASING, Mathematics learning


Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 529