PENGARUH MEDIA MOKU (MONOPOLI KUIS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN SUMUR WELUT III/ 440 SURABAYA

  • RAFI ADZIMUL HAYA
  • PURWANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media MOKU terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Sumur Welut III. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pre-test dan post-test. Sementara itu, teknik analisis data meggunakan uji instrumen dan analisis data hasil penelitian. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 5% (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media MOKU memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan uji n gain menunjukkan bahwa rata-rata skor n gain kelas eksperimen yaitu 0,7315. Dengan ketentuan jika rata-rata n gain lebih dari 0,7 maka termasuk pada kategori tinggi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media MOKU sangat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Sumur Welut III/ 440 Surabaya.

Kata Kunci: media MOKU, hasil belajar

Abstract

This research aim to determine the existence of MOKU media on the results of Mathematics learning of plane materials to students grade IV SDN Sumur Welut III. The research used quasi experiment with nonequivalent control group design. The samples are used the students of class IV A as the control class that did not get treatment and class IV B as the experimental class that received treatment. Technique of data collecting used test technique, it were pre-test and post-test. Meanwhile, data analysis techniques used instrument and analysis of research data. Based of data analysis has been done, it get signification of 0.000 <5% (0,05), it means that Ha accepted and Ho rejected. It can be concluded that the MOKU media has significant effect of student learning outcomes. The result of the n gain test shows that the average of the experimental class gain is 0.7315. Provided that then gain average more than 0.7 is included in the high category. So it can be concluded that learning by using MOKU media is very helpful to the results of Mathematics learning of plane materials to fourth grade students of SDN Sumur Welut III / 440 Surabaya.


Keywords: MOKU media, learning outcomes

Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 184