PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN WONOPLINTAHAN II KECAMATAN PRAMBON

  • LULI ANIES SOLICHAH
  • NENI MARIANA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan adanya pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Wonoplintahan II. Quasi eksperiment adalah jenis penelitian yang digunakan dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Dengan menggunakan media pop up book hasil belajar siswa terlihat meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dengan perhitungan N-Gain kelas kontrol skor rata-rata yaitu 0,498519 sedangkan kelas eksperimen yaitu 0,592857. Pada perhitungan T-test didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,024 yang artinya nilai 0,024 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian terjadi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa ketika pembelajaran menggunakan media pop up book

Kata Kunci : pop up book, hasil belajar

Abstract

This study intend to describe the influence of pop up book media on the students learning outcomes in the mathematics subjects of the waking students of grade IV SDN Wonoplintahan II. Quasi experiment is a type of research used with nonequivalent control group design. The instrument used in this study is a test. By using the pop up book media the students learning results look increasing. This is shown by the calculation of N-Gain control class average score is 0.498519 while the experimental class is 0,59285. In the calculation of T-test obtained sig (2-tailed) value of 0.024 which means the value of 0.024 is smaller than 0.05. Thus there is a significant influence on student learning outcomes when learning using the media pop up book

Keywords: pop up book, learning result



Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 407
PDF Downloads: 1242