PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DESCRIPTIVE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VI SDN BENDOREJO 2

  • GAGAS ANUNG PRAKOSA
  • SURYANTI

Abstract

Demi terwujudnya keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran tentu membutuhkan adanya sarana pendukung pembelajaran yang baik. Media pembelajaran merupakan salah satu sarana pendukung yang mampu dan efektif untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, namun pada kenyataannya masih banyak tenaga pengajar yang masih belum mengaplikasikan penggunaan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media descriptive puzzle terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen quasi, Matching Pretest-Posttest Control Group. Desain ini mirip dengan pretest-posttest control group desain, tetapi pada desain ini dalam pengambilan kelompoknya tidak dilakukan secara acak seluruhnya, namun hanya satu karakteristik saja atau diambil dengan dipasangkan. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SDN Bendorejo 2 Trenggalek. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh dari uji pretest dan posttest terhadap sampel diolah mengunakan statistik parametrik dan uji-t dua sampel independen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata nilai hasil belajar pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 3,7 poin dan pada kelas eksperimen sebesar 9,8 poin. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperiment yang menggunakan media Descripted Puzzle dibandingkan kelas control yang tidak menggunakan media Descripted Puzzle. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Descripted Puzzle terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Penunjang Pembelajaran, Descripted Puzzle, Hasil Belajar.

Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 36