PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE SUMBER ENERGI (PUBER EGI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KRIAN 3 SIDOARJO

  • AFIAH KHOIRIN NIKMAH
  • SURYANTI

Abstract

Abstrak

Agar dapat membangkitkan semangat belajar dan hasil belajar siswa salah satu cara yang dapat dipilih yaitu menggunakan media puzzle sumber energy pada kegiatan pembelajaran IPA karena dalam pembelajaran IPA tidak hanya mendengarkan dan menerima materi dari guru saja tetapi juga membutuhkan media sebagai sarana pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan merubah tingkah laku dan cara berfikir siswa. Dengan menggunakan media puzzle diharapkan pembelajaran berlangsung aktif dan efektif karena dapat merangsang minat, perhatian, pemikiran, kemampuan dan keterampilan siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Hasil penelitian yang didapat yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dari 68,3 menjadi 98,3. Kemudian dari perhitungan Uji Independent Sample T-Test diketahui bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan perbedaan perlakuan yang diberikan yaitu media puzzle sumber energi. Dari data tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media puzzle sumber energy terhadap hasil belajar IPA.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Puzzle Sumber Energi, IPA.

Abstract

In order to evoke the spirit of learning and student learning outcomes one way to choose is to use media sources of energy puzzle on science learning activities because in science teaching not only listen and receive materials from the teacher, but also need the media as a means of learning so as to enhance the activity and alter behavior and way of thinking of students. By using media puzzle expected learning takes active and effective as it can stimulate the interest, attention, reasoning, ability and skills of students. The technique used in this study is a test. The research result obtained that are improving student learning outcomes experimental class of 68.3 into 98.3. Then from the calculation Test Independent Sample T-Test is known that there is a significant difference between the value posttest control group and the experimental class with the difference in treatment given media puzzle that energy source. From these data it can be concluded that there is an influence of the use of energy sources puzzle media on learning results IPA.

Keyword: Learning Results, Media Puzzle Sources of Energy, Science.

Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 59