METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SDN TEBEL SIDOARJO

  • SAIDATUL LISWANA
  • IKA RAHMAWATI

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara, salah satunya yaitu siswa tunagrahita ringan. Siswa tunagrahita ringan memiliki tingkat IQ antara 50-70, sehingga dalam mengajarkan Matematika, guru memiliki metode khusus di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Matematika pada siswa tunagrahita ringan di SDN Tebel Sidoarjo. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan instrumen wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh Guru Pembimbing Khsusus (GPK) yaitu metode belajar individu yang mengacu pada pemberian materi dan soal sesuai dengan kemampuan masing-masing. Selanjutnya yaitu metode tanya jawab yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tunagrahita ringan terhadap materi Matematika yang diajarkan. Terakhir yaitu metode demonstrasi. Pada metode ini, GPK menggunakan jari tangannya untuk mendemonstrasikan kepada siswa tunagrahita ringan.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Matematika, Siswa Tunagrahita Ringan

Abstract

Education is right of every citizen, one of which is mentally retarded student. Mentally retarded student have IQ between 50-70, so teacher have a special method to teach Mathematic. This research aims to describe about learning method of Mathematics for mentally retarded student in SDN Tebel Sidoarjo. This type of this research is qualitative descriptive which the data collection using interview instrument, observation, and documentation study. The result of this reseacrh indicate that method uses by Special Guidance Teacher (SGT) are individual learning method which refers to the giving of material and question according to individual ability. Furthermore is question and answer method that use to know about as far as where student understant with Mathematics taught. The last method is demonstration method. This method, SGT use her fingers to demonstrate to mentally retarded student.

Keywords: Learning Method, Mathematics, Mentally Retarded Student


Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 206