PENGARUH MEDIA TRIMIKAL (TRIOMINO PERKALIAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERKALIAN KELAS III SDN 2 KEDAMEAN GRESIK

  • MOHAMMAD FAHIM MURIDLO
  • BUDIYONO

Abstract

ABSTRAK

Saat ini dalam proses pembelajaran masih menggunakan cara konvensional hal itu dinilai kurang efektif dalam kegiatan pembelajaran yang dapat menyebabkan kegiatan pembelajaran bagi siswa cenderung monoton yang mengakibatkan kebosanan, siswa menjadi pasif dan kurang motivasi di dalam proses belajarnya. Maka usaha dalam mengemas materi pelajaran yang kreatif supaya siswa dapat mengerti, memahami dan memiliki motivasi dalam kegiatan pembelajaran, maka dapat menggunakan Media Trimikal. Media ini sangat cocok digunakan dalam materi perkalian, karena media ini memberikan suatu pengalaman siswa dalam menghafal perkalian. Kelebihan dari media Trimikal (Triomino Perkalian) yaitu dapat meningkatkan minat, pengetahuan, keterampilan, wawasan siswa secara mendalam, terlebih lagi siswa semakin menyukai mata pelajaran yang sedang dipelajarinya karena lebih menarik untuk dilihat, dipelajari dan lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Trimikal (triomino perkalian) terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian kelas III SDN 2 Kedamean Gresik.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan metode quasi experimental design dan jenis desain non-equvalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN 2 Kedamean Gresik. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan memilih dua kelas sebagai anggota sampel yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pre test dan post test. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t.

Berdasarkan hasil penghitungan hasil uji t menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,005 dengan taraf signifikasi 0,05 (0,005 < 0,05), sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Media Trimikal (triomino perkalian) terhadap hasil belajar siswa, dengan saran penelitian yaitu peneliti lain harus lebih memahami tahapan dari Media Trimikal (triomino perkalian).

Kata Kunci: media trimikal, hasil belajar, perkalian



ABSTRACT

Currently in the learning process is still using conventional way it is considered less effective in learning activities that can cause learning activities for students tend to be monotonous resulting in boredom, students become passive and less motivation in the learning process. So the effort in packing creative learning materials so that students can understand, understand and have motivation in learning activities, then can use Trimikal Media. This media is very suitable for multiplication material, because this media gives a student experience in memorizing multiplication. The advantages of Trimikal media (Triomino Perkalian) is to increase the interest, knowledge, skills, insight of students in depth, especially the students increasingly like the subjects they are learning because it is more interesting to see, learn and more fun. This study aims to determine the influence of Trimikal Media (Triomino Perkalian) on student learning outcomes in the material of class III SDN 2 Kedamean Gresik.

The research used experimental method with quasi experimental design and non-equvalent control group design. The population used in this research is all students of class III SDN 2 Kedamean Gresik. The sample technique used is purposive sampling technique by choosing two classes as a sample member that is class IIIA as experiment class and class IIIB as control class. Technique of collecting data using test technique that is pre test and post test. Test the instrument using the validity and reliability test, while the data analysis techniques using the normality test, homogeneity test, and t test.

Based on result of t test result show that experiment class study result is higher than control class. The experimental class learning result is 0.005 with a significance level of 0.05 (0.005 < 0.05), so H1 is accepted and H0 is rejected. The result of the research is that there is influence which is Trimikal Media (Triomino Perkalian) to student learning result, with research suggestion that other researcher must better understand stage of Trimikal Media (Triomino Perkalian).

Keywords: trimikal media, learning outcomes, multiplication

Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 72