PENGGUNAAN MEDIA GAMELAN SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN TEMBANG DOLANAN DI KELAS IV SDN SUMUR WELUT 1 SURABAYA

  • DWI MANGESTI PUSPITO RINI
  • HERU SUBRATA

Abstract

Pada proses pembelajaran tembang dolanan, perlu adanya media untuk membantu guru dalam menyampaikan pesan kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru kelas IV dan 26 siswa kelas IV SDN Sumur Welut 1 Surabaya. Berdasarkan hasil observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran tembang dolanan dengan menggunakan media gamelan sederhana adalah 92,85%, dengan nilai ketercapaian 96. Hasil belajar yang diperoleh setiap siswa berbeda-beda dalam bernyanyi tembang dolanan. 85% siswa telah baik dalam nembang dolanan dengan iringan musik gamelan sederhana. 15% siswa masih kurang dalam nembang karena beberapa faktor, yaitu kondisi dan kemampuan dasar yang dimiliki siswa seperti berkebutuhan khusus, suara yang pelan, dan kurang percaya diri (pemalu).
Kata Kunci: Media pembelajaran, gamelan sederhana, tembang dolanan
Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 148