PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI BERBASIS SOFTWARE PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN WARUGUNUNG 1 KARANGPILANG SURABAYA

  • ANGGI ANANTA DWI PUTRA
  • MAS SUBAGIO

Abstract

Abstrak

Media Pembelajaran adalah suatu alat bantu pada proses pembelajaran yang berguna sebagai perantara guru menyampaikan suatu informasi kepada peserta didik dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan perhatian sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik, sehingga keterlibatan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media presentasi berbasis software prezi dapat digunakan sebagai alat bantu guru dalam kegiatan pembelajaran IPS di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini menggunakan media presentasi berbasis software preziuntuk meningkatkan hasil belajar. Penelitiandilakukan di SDN Warugunun 1 Karangpilang Surabaya dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, media presentasi berbasis software prezi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media presentasi,software prezi, hasil belajar, ptk

Abstract

Learning Media is a tool in the learning process that is useful as an intermediary teacher to convey an information to students and can stimulate brain, feelings, and attention so that the material which is presented can be received well by students, so the involvement of learning media can improve student learning outcomes . Prezi software-based presentation media can be used as a teacher tool in social studies learning activities in primary schools. The purpose of this study is to use prezi software-based presentation media to improve learning outcomes. The research is conducted at SDN Warugunun 1 Karangpilang Surabaya with the subject of the research are the students of fifth grade which amounted to 35 students. Based on the data obtained, prezi software-based presentation media can improve student learning outcomes.

Keywords: Media presentation, prezi software, learning result, ptk

Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 70