UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK KELAS V SDN KEBRAON II SURABAYA

  • DWI AJENG KARTINI
  • MAS SUBAGIO

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media Pop Up Book materi kebudayaan di Indonesia. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VA SDN Kebraon II Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I didapatkan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 62,5%, sedangkan pada siklus II didapatkan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA SDN Kebraon II Surabaya.

Kata Kunci: Pop Up Book, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

The purpose of this research was to improve the learning results of learners by using Pop Up Book Media of material culture in Indonesia. The subject of research was the learners class VA SDN Kebraon II Surabaya. The type of research used in this Classroom Action Research (CAR).this research was conducted by two in each cycle, the cycle consist of four stages, : Planning, Implementation, Observation, and Reflection. On cycle I obtained results percentage of learners in learningof classical amounted to 62,5%, while on cycle II obtained the percentage of learners in the learning results of classical amounted to 87,5%. Based on the results of research that has been carried out can be cocluded that by using Pop Up Book media can improve learning outcomes learners class VA SDN Kebraon II Surabaya.

Keywords: Pop Up Book Media, Classroom Action Research , Learning Resullt.






Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 50