EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN BASA KRAMA DI KELAS V SDN PANJANG JIWO 1/265 SURABAYA

  • PRATIWI ANJAR WULANDARI
  • HERU SUBRATA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kecenderungan penggunaan bahasa Indonesian atau bahasa Asing daripada bahasa Daerah sebagai bahasa ibu di kalangan anak muda, sehingga mereka kurang memahami bahasa daerahnya masing-masing. Hal ini akan berdampak pada proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model kooperatif tipe time token pada pembelajaran keterampilan membaca dengan basakrama.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penggunaan model kooperatif tipe time token mampu membantu siswa untuk berpikir kritis dalam pembelajaran dan siswa menjadi terbiasa membaca sebuah cerita yang menggunakan basakrama. Nilai rata-rata kelas dalam pembelajaran keterampilan membaca dengan basakramapada penggunaan model kooperatif tipe time token terjadi peningkatan dari 60 menjadi 81. Motivasi siswa pada pembelajaran keterampilan membaca dengan penggunaan model kooperatif tipe time token menunjukkan bahwa siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe time token efektif pada pembelajaran keterampilan membaca dengan basakrama di kelas V SDN Panjang Jiwo 1/265 Surabaya.

Kata Kunci: basa krama, keterampilan membaca, model kooperatif tipe time token.




Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 35