PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWOSTAY-TWOSTRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN JATILENGGER 02 BLITAR

  • MELANIA DIAN PERMATASARI
  • SUPRIYONO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar tema “Daerah Tempat Tinggalku” siswa kelas IV SDN Jatilengger 02 Blitar, mendiskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, mendiskripsikan kendala-kendala terjadi dan cara mengatasinya dalam pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumupaln data menggunakan obervasi, tes dan catatan lapangan. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar tes hasil belajar
dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar tema daerah tempat tinggalku siswa kelas IV SDN Jatilengger 02 Blitar dengan prosentase ketuntasan belajar 71,41% pada siklus 1 dan pada 82,14% pada siklus 2. Pada siklus 1 aktivitas guru memperoleh prosentase sebanyak 78,90% dan pada siklus 2 91,41%.
Kata Kunci: Two Stay Two Stray, hasil belajar
Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 40