PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA KELAS 2 DI SDN MOJORANGAGUNG

  • DWI NOVIANTI
  • SUPRIYONO

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 2 pada tema Hidup Bersih dan Sehat Kopetensi Dasar mengidentivikasi unsur-unsur yang membentuk segitiga, segiempat dan segienam beraturan. Dari 25 siswa, hanya 15 siswa yang mencapai nilai KKM sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan model pembelajaran dan penyajian materi bersifat verbal. Untuk mengatasinya guru harus menggunakan model pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran yang di lakukan guru dengan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru pada siklus 1 dan 2 sebesar 71,4% dan 91,4%. Aktivitas siswa pada siklus 1 dan 2 sebesar 70% dan 90%. Hasil belajar dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 dan 2 sebesar 71,2%dan 83,4%. Kesimpulannya yaitu penggunaan model pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tujuan, Hasil Belajar.





Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 118