PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA KELAS II SDN KECAMATAN MANYAR GRESIK

  • AISYDHAH RAHMAH DWI ANGGRAINI
  • ASRI SUSETYO RUKMI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan menulis cerita siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Manyar Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh 1,626 < 2,008 pada pre-test di kelas eksperimen dan kontrol. Sementara itu, pada post-test di kelas eksperimen dan kontrol diperoleh 9,589 > 2,008. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita.

Kata Kunci: media puzzle, keterampilan menulis cerita.

Abstract

The purpose of this study to determine the influence of the use of puzzle media on the skills of writing the story of second grade students of State Elementary School in the District Manyar Gresik. The type of research used is quasi experiment with non-equivalent control group design. Data collection techniques use test techniques and observation techniques. Data analysis techniques used are validity test, reliability test, normality test and hypothesis test. From the calculation of hypothesis test, obtained 1,626 < 2,008 on pre-test in experiment and control class. Meanwhile, in post-test in experiment and control class obtained 9,589 > 2,008. Thus it can be concluded that the use of puzzle media affect the writing skills of the story.

Keywords: puzzle media, story writing skill.


Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 50