PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V

  • CANDRA BAYU ISMOYO
  • FARIDA ISTIANAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi siklus air. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SDN Geluran 1 Taman di Kelas V-A sebagai kelas kontrol dan V-B sebagai kelas eksperimen. Hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Dari hasil perhitungan t-test yang telah dilakukan, didapat thitung 2,235, sedangkan pada ttabel dengan derajat kebebasan (df) n-2, yaitu 58-2=56, adalah 2,003. Sehingga thitung ebih dari ttabel (2,235 > 2,003) dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara nilai hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen. Hal ini dapat diartikan pula bahwa dengan adanya pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), maka akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: CTL, Hasil Belajar, IPA.

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of the learning outcomes of class V study on science subjects water cycle material. The type of research is Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design research design. The research was conducted at SDN Geluran 1 Taman in Class V-A as control class and V-B as experiment class. Learning outcomes between the control class and the experimental class were analyzed by using t-test. From the calculation of t-test that has been done, obtained titung 2.235, while the ttable with degrees of freedom (df) n-2, ie 58-2 = 56, is 2,003. So thitung better than ttable, (2,235 > 2,003) and it can be concluded that there is difference between learning result value in control class and experiment. This can be interpreted also that with the learning that apply the model of learning CTL (Contextual Teaching and Learning), it will improve student learning outcomes.

Keywords: CTL, learning outcomes, science.
Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 263
PDF Downloads: 122